Tuesday, December 18, 2012 - 1 Komentar

Diet Gak Susah Kok

Jumat yang menyegarkan kali ini gua ucapkan selamat pagi buat sahabat semua yang mungkin sedang membaca artikel gua pada pagi hari ini . Sepesial thank buat nasi merah yang gua makan tiap pagi dengan campuran sayur desa dan botok mlanding salah satu makanan khas dari Jawa Tengah yang selalu mengenyangkan perutku disetiap pagiku . Yah benar karena gua selama ini sedang menjalani program diet taraf memaksa yang gue lakuin untuk nurunin berat badan gua dari 82 kg menjadi 75kg , dengan tinggi gua yang 175 cm :) serasa ideal buat gua bila bisa mencapai target yang gua inginkan.  Kenapa gua nyinggung nasi merah ??? karena gua sekarang sedang menjalani masa rehabilitasi. tepatnya rehabilitasi badan dan lemak. Lemak gua sedikit rewel kalau di terlantarkan. Dia selalu diem dimana dia suka. Kadang kedatangannya tuh bikin momok tersendiri seperti ketika elo pada malam hari diem tak ada orang di sampingmu dan wuissssssss udara dingin segera menyeka lehermu dan berbisik dengan suara sayu...... "maaaaaassssss saaaaateeeeenyaaaa di tuuuuusssuuukk kayak badan saya yaaaa maaassss" dan sepontan lo ngejawab "emakkkkkkkkkkk sajen mana sajem , ini kunti belum di kasih makan ...." dan jika kalian membiarkan ini teradi, uang lo akan habis buat beliin sajen hadehhhhh ....

Back to topick...
kenapa gua harus diet???

Kalo gua sih ini semacam tantangan , seperti ketika elo sedang ngejar ngejar cewek dan dia balik ngejar lo dan menampakkan taring tajam seperti di film breaking dawn dan balik menghajarmu dan elo pastinya tak akan menyerah untuk berbalik melawan menaklukkan dia, hem seperti itulah kalau diet menurut gua :D ,

Apa sih yang gua lakuin selama menjalankan proses diet???
sisini gua sedikit mau berbagi tips diet andalan gua dan berhasil menurunkan sedikit demi sedikit lemak gua :
Olah raga bro sis mak mbah tante om nyak babe :
  1. Pertama elo harus bisa bangun pagi : luangkan waktu lo bangun pagi sekitar jam 5 , setelah elo usap air liur elo yang nempel dipipi :D , lakukan olah raga ringan misalkan gerakin tangan elo, kepala elo kayak waktu lo olah raga selama 5 menit. setelah otot lemas , 
  2. joginglah minimal 30 menit, ato kalo lo males joging ya lakuin aja jalan cepat sekitar 30 menitan gitu.. 

Jaga Pola Makan lo :
Diet Gak Susah Kok
Nasi merah yang gua makan dan lauknya dada ayam bakar hemm yumi

  1. Hindari makan makanan berminyak misalkan makan gorengan sebisa mungkin kurangi :) ganti sama bacam, 
  2. jangan minum es , 
  3. ganti nasi putih menjadi nasi merah , 
  4. ganti roti tawar jadi roti gandum , 
  5. boleh makan telur asalkan kuning telur sehari maksimal 1 saja, kalau putihnya mau satu truk juga gak papa hehehe, 
  6. perbanyak makan sayur , 
  7. buah sangat penting bagi kesehatan kita. 
  8. jangan minum minuman kaleng 
  9. Hindari makanan siap saji . bila pengen makan mie ya ganti sama sepageti. lebih aman . 
  10. bila pengen makan daging, ambil dada nya saja misal dada ayam dan tidak digoreng melainkan di bakar, karena rendah lemak
  11. Minumlah yang tawar tawar misal teh tawar, kopi pahit dan sebagainya (hindari gula yang terlalu banyak)
  12. Boleh makan malam asalkan dengan nasi merah , kalau mau camilan ya cukup dengan roti gandum ataupun buah
  13. Usahakan Banyak minum air putih
Wow pasti lo mikirnya berat juga yak diet kayak gini hahahaha sama , gua juga merasakan hal berat ketika kita menjalankan program diet , semua makanan yang kita cintai harus di hindari ketika program ini di jalani , yah kalau gua mikir sih , semua yang berawal dari kesulitan pasti akan ada imbal baliknya :) . Oh iya jangan sekali sekali pakai obat diet. bisa bisa tubuh elo gak siap untuk menerima. karena tubuh tidak akan siap menerima turun nya berat badan secara drastis dan mengakibatkan bahaya pada tubuh elo .

Gua ada sedikit tips ni buat yang ngerasa berat untuk diet, dan kebetulan manjur buat gua , bisa di coba :D
Buat kaleder diet :

  1. Senin - Jumat lakukan program diet seperti di atas tadi dan jangan sampai bolong (kalo minggu pertama bolong gapapa hehehe) 
  2. Sabtu dan Minggu gunakan untuk liburan diet dan balas dendam pada makanan yang kita hindari , jadi week end gunain untuk makan sepuasnya hehehe
  3. Kalo minggu pertama elo bisa jalanin pasti elo bisa jalanin minggu berikutnya :) , 
  4. Bila dah lancar coba kurangi porsi nasi merah nya , misalkan pertama 30 sendok makan jadi 20 saja dan lakukan berulang ulang .
  5. Diet Gak Susah Kok
    bila gua habis joging mampir makanan desa nasi merah sama sayur desa , mantab
  6. Liburlah diet ketika hari raya ataupun acara ultah temen hehehe, soalnya ini kayak sebuah reward buat kita dan jangan disia-siakan.
Nah yang terakhir adalah NIAT :
Satu kata yang mudah di ucapin tapi sulit dilakuin. cobalah buat target kedepan dan carilah apa motivasi lo ketika melakukan diet . target 3-5 bahkan 10 kilogram serasa mudah jika ada niat dari diri kita. Gua sendiri udah turun 4 kilo dari 3bulan menjalankan program ini. Hidup sehat itu berguna sob, dan tak ada ruginya bila kita mencobanya :)

Nih jadwal gua Diet
Senin-Jumat
  • pukul 5 pagi bangun joging 30 menit
  • pukul 6 pagi istirahat 15 menit sambil minum air putih ato teh tawar dan mandi
  • pukul 6.45 makan nasi merah porsinya satu mangkuk kobokan sama sayur , telur rebus 1 buah dan tempe atau tahu bacam (makan pagi sangat penting dan wajib)
  • selanjudnya berangkat aktivitas (kerja dsb)
  • pukul 12 siang (istirahat kerja) makan nasi merah yang gua bungkus dari rumah kemudian beli sayur di kantin sama lauk tempe / tahu bacam bila pengen daging ya daging dada ayam dan di bakar, inget dibakar bukan digoreng
  • pukul 13 kembali aktivitas kerja dan ketika disini kita pingin ngemil antar jam 13 - jam 15 silahkan ngemil tapi ngemil roti tawar saja atau buah, biasanya gua bawa apel ato kalo gak pisang.
  • pulang kerja sekitar jam 16 sudah sampai rumah, disini biasanya gua istirahat sebentar dan melakukan olah raga ringan misal jalan jalan muter komplek rumah ato joging ringan selam 30 menit .
  • pukul 17 waktunya santai dan menikmati acara tivi ataupun ngobrol bersama keluarga ataupun kerabat . setelah itu mandi dsb.
  • malemnya sekitar pukul 19 disini gua jarang makan berat, biasanya gua ngemil roti gandum 2 helai dan minum teh , kadang sama buah . dan perbanyak minum air putis untuk mengganti cairan kita saat olah raga.
Nah itu tips dari gua , Sabtu dan Minggu bebas hehehe, silahkan mencoba bila ingin menjalani program diet , baik menggunakan tips gua atau tips yang lain. Sekian dulu tulisan gua semoga bermanfaat, keep posting and yuk yak yuk :)


Salam Sehat


polisitidurr

1 Komentar:

Unknown January 4, 2013 at 4:37 PM

wah kak, nasi merah ya??? hemm patut di coba,
tapi aku gak suka sih nasi merah :(

Post a Comment